You are here
Home > Berita > JURNAL DESA > Puskesmas Sanana Utara Intens Cegah Penyebaran Covid-19

Puskesmas Sanana Utara Intens Cegah Penyebaran Covid-19

SANANAONE.id – Pusat Kesehatan Masyarakat(Puskesmas)Sanana Utara  melakukan kerjasama kepada seluruh aparat desa di wilayah Kecamatan  Sanana Utara. Tujuan dari Kerja sama tersebut, yakni melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.

Menurut Kapala Puskesmas Sanana Utara Dahyar Masuku, Saat di konfermasi Jurnalone.com, Senin(11/5/20) menegaskan, bahwa Puskesmas Sanana Utara sejak bulan maret 2020 telah bekerjasama dengan lintas sektor yang tergabung diwilayah Kecamatan Sanan Utara, lintas sektor tersebut diantaranya,  KUA sanana utara, Danpos Sanana Utara, para Babinsa dan Babin Kamtibmas serta kepala-kepala Desa se Kecamatan Sanana Utara.

“Kami intens bekerja sama dengan pihak terkait di desa, dengan tujuan melakukan pencegahan atas penyebaran Covid-19,”ujarnya.

Dahyar Juga menjelaskan, Tim Kesehatan yang terlibat dalam penanganan Covid -19 di Puskesmas Sanana Utara itu berjumlah 20 orang, yang terdiri dari kepala puskesmas sebagai penanggung jawab tim, 1 orang dokter puskesmas, 7 orang tenaga bidan di masing-masing desa dan 11 orang lainnya adalah staf puskesmas pohea.

“Kegiatan ini meliputi penyuluhan dan edukasi sesuai protokuler yang di tetapkan oleh kementrian kesehatan, Kegiatan skrening penumpang Kapal Veri di pelabuhan Veri Pohea dan kegiatan skrening di pelabuhan Malbufa,”ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini pihak Puskesmas telah melaksanakan kegiatan promosi kesehatan yang juga kegiatan survailans yang di lakukan oleh tenaga dokter puskesmas dan petugas survailans terhadap ODP maupun PDP, dalam wilayah Kecamatan Sanana Utara.

“Ada beberapa kendala yang kami alami selama pelaksanaan kegiatan saat ini diantaranya,  Alat pelindung diri(APD) Dan operasional tenaga covid-19 dalam melaksanakan tugas,” Ungkap Dahyar Masuku.(RS)

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!