You are here
Home > Berita > TERKINI > Petani Halut dan Halbar Dapat Bantuan Benih Sayuran Dari Pemprov Malut

Petani Halut dan Halbar Dapat Bantuan Benih Sayuran Dari Pemprov Malut

SOFIFI ONE.id– Gubernur Provinsi Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, menyerahkan bantuan sembako kepada 12 Desa dari Kabupaten Halmahera Utara dan Halmahera Barat.Penyerahan Bantuan Tersebut berlangsung di kediaman Gubernur di Sofifi, Senin (27/4/20).

Gubernur yang didampingi Kepal dianas Pertanian Provinsi Malut, M. Rizal Ismail  melakukan proses penyerahan bantuan benih sayuran dan hand sprayer kepada para petani dan buruh tani yang terdampak Covid-19.

Dikesempatan itu, Gubernur berharap petani tidak hilang semangat untuk tetap produktif di tengah wabah pandemi Covid-19 sekarang ini. Hal itu semata-mata agar para petani tidak kehilangan pendapatan sekaligus untuk menunjang persediaan pangan di daerah.

“Hari ini saya berikan bantuan kepada para petani, semoga dengan bantuan ini dapat meringankan beban  petani dan buruh tani dalam menghadapi pandemi covid-19. tetap waspada, ikuti semua imbauan pemerintah, dan tetap menjalankan fungsi sebagai petani,” kata Gubernur.

Sementara, Kepala dinas Pertanian Provinsi Malut, M. Rizal Ismail ketika dikonfirmasi mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan perintah pak Gubernur untuk memberikan bantuan sembako kepada masyaraka jika ada kelebihan rezeki.

“Ada sebanyak 100 paket bantuan yang diberikan untuk 12 desa yang terdampak covid-19. Dimana 12 desa tersebut berada di bawah pembinaan Komandan Kompi II Satgas Pamrahwan Maluku Utara Yonarmed 9 Kostrad Lettu Arm Ramdhan Satrio, S.T.Han.

Dikesempatan ini kami berterima kasih kepada pak Ramdhan karena sudah membatu kami untuk melakukan distribusi bantuan kepada masyarakat.

“Saat ini, bantuan tersebut masih terbatas, kami fokus dulu kepada masyarakat, terutama masyarakat yang terdampak covid-19.Untuk itu teman-teman petani, ini baru langkah awal nanti kerjasama dengan pak Ramdhan, kalau ini berhasil kita bisa perluas lagi,”janji Kadis.

Terpisah, Komandan Kompi II Satgas Pamrahwan Maluku Utara Yonarmed 9 Kostrad Lettu Arm Ramdhan Satrio, S.T.Han. Megatakan, “Alhamdulillah, kedatangan kami dalam menerima penyerahan bantuan sembako kepada para petani disambut dengan baik  oleh pemerintah Provinsi dan Kepala dinas Pertanian. Olehnya itu, kami akan terus bersemangat untuk membantu program pemerintah di lapangan.

Lanjut dia, pemberian sembako oleh pemerintah kepada para petani yang terdampak covid-19.  akan jaga amanah dan sampaikan amanah pemerintah kepada yang berhak menerima.

“Kami dapat amanah dari pemerintah untuk menyampaikan dan memberikan kepada yang berhak, dengan begitu, kami akan turun langsung untuk memastikan siapa yang berhak menerima,”tegasnya.

Ramdhan juga menyampaikan, Sebelum mendatangi Pemprov Malut, kami sudah melakukan pendataan untuk menentukan siapa yang berhak menerima bantuan ini.”Data yang kami serahkan kepada dinas pertanian memang data yang benar benar berhak menerima dan data itu falid, karena kami kroscek orangnya dan kami juga mendata ke desa tersebut,”ujarnya.

Ia menambahkan, Sejauh ini sudah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang program ketahan pangan, kemudian akan dilakukan pembinaan kelompok tani sehingga memiliki wadah untuk bagaimana cara mendapatkan bantuan dari dinas pertanian Provinsi Maluku Utara.

“Nantinya kami akan membantu untuk bekerja sama dilapangan agar supaya tujuan mereka bisa tercapai.”Kami akan berupaya untuk bekerja dengan baik bersama Pemerintah demi tercapainya harapan dan keinginan masyarakat,”cetusnya. (Adi)

Leave a Reply

Top