You are here
Home > PEMERINTAHAN > Gubernur: Samsuddin Abdul Kadir Resmi Jadi Sekprov Malut

Gubernur: Samsuddin Abdul Kadir Resmi Jadi Sekprov Malut

SOFIFI,ONE.idРGubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba Lc, secara resmi melantik Samsuddin A. Kadir sebagai Sekretaris Daerah Provinsi  Maluku Utara (Sekprov Malut), Jumat (7/2/20).

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, Nomor: 19/ TPA Tahun 2020, tanggal 23 Januari 2020, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Provinsi Maluku Utara. Yang ditandatangani oleh Deputi Bidang Administrasi Sekretatiat Negara, Parid Utomo.

Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba, Lc dalam sambutanya mengatakan, dengan menyaksikan bersama proses pelantikan dan pengambilan sumpah, janji jabatan Sekprov Malut, dan itu kita patut bersyukur, karena mulai hari ini kita telah mempunyai Sekprov yang difinitif.

“Kurang lebih 10 (sepuluh) bulan, jabatan Sekprov mengalami kekosongan, karena jabatan yang di tempati oleh Sdr. H. Muabidin H. Radjab telah berakhir, karena beliau telah memasuki masa purna bakti. Selama kekosongan itu maka perlu di isi dengan penjabat, dan itupun harus dilakukan sebanyak dua kali. Yang pertama Sdr. Bambang Hermawan, SE dan yang kedua Sdr. Drs. Andi Bataralifu, M.Si,” jelasnya Gubernur.

Gubernur juga mengungkapkan, untuk sampai dipenentuan nama yang terakhir ini, kita telah lakukan dengan mengikuti semua prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mulai dari pembentukan pansel, rekrutmen calon peserta dan seterusnya, semuanya dilakukan secara terbuka dan transparan.

“Dari sekian orang calon peserta, berdasarkan aturan, hanya 3 (tiga) calon yang memiliki nilai tertinggi yang bisa diusulkan ke pusat untuk diseleksi oleh Tim Pusat. Dari ketiga calon yang disampaikan itu masing-masing; Bambang Hermawan, SE, Drs. Syamsuddin A. Kadir dan Nirwan M.T Ali,” ungkapnya.

Lanjut Gubernur, dari ketiga nama tersebut, Drs. Syamsuddin Abdul Kadir terpilih dan ditetapkan sebagai Sekprov Malut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 19/TPAN Tahun 2020 tanggal 23 Januari 2020. Atas dasar Kepres inilah maka saat ini kita lakukan pelantikan dan pengambilan sumpah sebagai syarat untuk menduduki jabatan Sekprov Malut.

Untuk itu, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Malut maupun secara pribadi, Saya sampaikan selamat dan sukses kepada Sekprov yang baru dilantik atas karier dan prestasinya.

“Untuk mencapai puncak kariernya seperti ini tentu membutuhkan sebuah proses yang panjang. Dan itu semuanya telah dilalui oleh Sdr. Drs. Syamsuddin. Sehingga Saya berpesan, jalani amanah ini dengan sebaik-baiknya, apalagi jabatan Sekprov adalah jabatan yang sangat strategis. Lakukan segala sesuatu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, apalagi yang berkaitan dengan anggaran perlu mengedepankan sikap kehati-hatian, sebab jika salah mengambil keputusan maka akan berdampak kepada masalah hukum,” tegasnya.

Selain itu kepada Sdr. Drs. Andi Bataralifu, M.Si, Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Malut, Kami menyampaikan terima kasih yang tulus atas jasa dan pengabdiannya selama menjabat sebagai Penjabat Sekprov Malut.

“Meskipun menjabat hanya dalam waktu yang sangat singkat, tidak lebih dari 3 (tiga) bulan, namun banyak hal yang telah disumbangkan untuk daerah ini. Semoga apa yang telah disumbangkan di Malut tidak hanya bermanfaat sebagai peningkatan karier, tetapi juga menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT kelak,” ucapnya.

Gubernur juga meminta kepada seluruh pimpinan OPD, agar lebih meningkatkan koordinasi dengan Sekprov dalam hal-hal yang berkaitan dengan program dan kegiatan.

“Kepada seluruh pimpinan OPD, jangan sekali-kali mengambil kebijakan dan keputusan sendiri-sendiri tanpa sepengetahuan Sekprov. Jika itu terjadi, maka Saya tidak akan segan-segan mengambil tindakan. Mari kita bergandengan tangan membangun Maluku Utara untuk menuju Maluku Utara Sejahtera,” tegasnya.

Acara pelantikan yang berlangsung di ruang rapat lantai IV kantor Gubernur itu, tampak hadir, Wakil Gubernur Malut, Ketua DPRD, jajaran Forkopimda Malut, Wakil Walikota Ternate, Pj. Sekda Kota Ternate, Sekda Kabupaten Pulau Taliabu, Sekprov Malut, mantan Pj. Sekprov Malut, para Pimpinan Instansi Vertikal, Rektor Unkhair Ternate, para Staf Ahli, Asisten dan Pimpinan OPD, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Provinsi Maluku Utara. (Sumber:HS Pemprov Malut)

Leave a Reply

Top