You are here
Home > Berita > TERKINI > Sinergi PWI dan Polda Malut Tindaklanjuti Instruksi Dewan Pers

Sinergi PWI dan Polda Malut Tindaklanjuti Instruksi Dewan Pers

TERNATE, ONE.id – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Maluku Utara, lakukan silaturahmi dengan Polda Malut. Kedatangan Ketua bersama Sejumlah Pengurus PWI dikantor Mapolda langsung disambut Kapolda Brigjen Pol Suroto, didampigi Kabid Humas AKBP Adip Rojikan, di ruang tamu Kapolda Malut, Rabu (04/12/19).

Kunjungan rombongan Pengurus PWI ini dipimpin langsung Ketua PWI, Syafrudin Ganda Penasehat PWI Faizal Azis dan Supardi Abdullah, Sekretaris Adnan Ways, Wakil Sekretaris Sahrudin Nurdin, Ketua Bidang Organisasi Wawan Kurniawan, Ketua SIWO Asri Fabanyo, Seksi Wartawan Foro, Ifan Gusti Dan Digital Saiful Syafruddin.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat tersebut ada beberapa progam yang dibahas antara lain perkembangan pers, menindaklanjuti instruksi Dewan Pers tentang keharusan wartawan megikuti uji kompetensi Wartawan (UKW), mencegah berita hoax dan komitmen bersama untuk mengawal Pilkada damai di Maluku Utara pada 2020 mendatang.

Syafrudin Ganda, Ketua PWI Malut mengatakan, kunjungan ini dalam rangka mempererat kerja sama yang telah terjalin baik selama ini. Ditambahkannya, dalam audiensi tersebut dibahas juga tentang program yang akan dilakukan oleh PWI Malut dengan Polda, salah satunya adalah Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Hubungan antara Polda Malut dan PWI Malut telah berjalan harmonis selama ini. Untuk itu, dalam periode kepengurusan yang baru ini ingin kita tingkatkan agar lebih baik lagi,”ujar Dino begitu dia sering sapa.

Sementara itu Kapolda Malut mengaku, berbahagia terkait kunjungan PWI Malut. Dimana dalam pertemuan tersebut kata Kapolda, dirinya sangat berterima kasih terkait banyaknya masukan bagi dirinya, terutama soal perkembangan media baik secara nasional maupun lokal yang terus berkembang saat ini.

Untuk menyikapi masalah tersebut pada intinya, perlu ada kerja sama antara PWI dan Polda terkait bagaimana kita bersinergi khususnya berkomunikasi dengan wartawan di lapangan. Kapolda mengaku, terkait program PWI yakni Uji Kompetensi Wartawan, Polda Malut memberikan apresiasi yang mendalam dan siap mendukung program tersebut.

“Program tersebut sangat bermanfaat, karena dengan sertifikasi akan meningkatkan kualitas wartawan dalam membuat berita,”kata Jendaran.

Kapolda menambakan, peran media sangat besar terhadap bangsa ini terutama dalam memberikan pembelajaran dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dia meminta bantuan kepada awak media khususnya PWI untuk  melawan berita-berita hoax yang dapat memicu perpecahan di tengah masyarakat.

“Saya harapkan PWI Malut dapat mendukung dan turut serta melawan pemberitaan yang berpotensi menimbulkan gejolak di tengah masyarakat, apalagi waktu dekat ini kita akan menggelar Pilkada,”ujarnya.

Ditambahkan Suroto peranan pers memiliki andil yang paling besar dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Sehingga diharapkan berita yang disuguhkan dapat berimbang dan benar.

“ Bila berita yang disuguhkan itu berimbang, maka kondisi yang sebelumnya panas bisa berubah menjadi sejuk,” Tutur jenderal bintang satu itu. (U-06)

 

Leave a Reply

Top
error: Content is protected !!