You are here
Home > Berita > TERKINI > Penutupan FRT Halbar, di Warnai Dengan Penampilan Tarian Tujuh Suku

Penutupan FRT Halbar, di Warnai Dengan Penampilan Tarian Tujuh Suku

JAILOLO, ONE.id  – Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy berharap, Festival Rera Tumding (FRT) tidak hanya dijadikan sebagai kegiatan serimonial semata. Tapi FRT harus dijadikan sebuah kegiatan yang benar benar mengangkat Budaya 7 Suku asli Halbar.

Hal itu disampaikan Danny saat acara puncak penutupan FRT di Stadion Motiloa Desa Talaga Kecamatan Ibu Selatan, Jumat (4/10). Menurut Danny, atas potensi Budaya yang selalu dijunjung tinggi di Halbar, maka Halbar menerima penghargaan sebagai daerah yang intens mengembangkan potensi Pariwisata dan Budaya.”Karena kepedulian masyarakat terhadap nilai nilai Budaya, maka Kamis malam lalu, saya menerima penghargaan sebagai daerah yang intens membangun potensi Pariwisata dan Budaya,”ungkap Danny.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Halbar ini menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut harus memberikan perhatian serius kepada daerah daerah yang peduli terhadap kebudayaan dan pariwisata. FRT ini dilaksanakan, tujuannya adalah bagaiman agar suku suku yang ada di Malut ini bisa bangkit untuk kemajuan pariwisata dan kebudayaan di Malut.”Pemprov Malut harus menjadikan kegiatan FRT ini sebagai catatan penting dalam rangka membangun Priwisata dan Kebudayaan,”katanya.

Politisi PDI-P ini berharap, agar FRT ini dilaksanakan agar adat istiadat di Halbar tetap berkembang, sehingga suku Budaya yang ada di Maluku Utara dan khsusnya di halbar tetap masuk dalam kerangka NKRI.”Saya pastikan semua suku yang ada di halbar ini telah menggambarkan bahwa kehidupan kita adalah kehidupan gotong royong,”cetusnya.

Sementara Staf Ahli Gubernur Darwis Puwa yang mewakili Gubernur Abdul Ghani Kasuba menyatakan, dirinya akan menyampaikan apa yang menjadi pesan bupati Danny Missy kepada Gubernur, sehingga kedepan kegiatan ini dilaksanakan dan bisa mendapat dukungan penuh dari Pemprov Malut.”Saya akan sampaikan ke pak Gubernur, agar kedepan pemprov bisa memberikan support secara materil dan inmateril,”janjinya.

Sementara itu, Hadir dalam acara penutupan kemarin, Bupati Danny Missy, Kapolres Halbar, Kajari Halbar, Unsur Forkompimda, Pimpinan dan Anggota DPRD, pimpinan SKPD dan seluruh masyarakat halbar. Kegiatan penutupan juga dimeriahkan oleh tarian 7 suku asli asal halbar.

Leave a Reply

Top