You are here
Home > HUKRIM > Jelang Idul Adha 2019, Polsek Pulau Bacan Eksis Laksanakan Kegiatan Kamtibmas

Jelang Idul Adha 2019, Polsek Pulau Bacan Eksis Laksanakan Kegiatan Kamtibmas

HALSEL, ONE.id – Kepolisian Sektor (Polsek) Pulau Bacan menjamin kamtibmas di wilayah lima kecamatan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara(Malut) menjelang Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 Hijriah 2019 Masehi dipastikan aman.

“Saya bersama anggota langsung terjun ke lapangan untuk melakukan patroli, karena menjelang lebaran kebiasaan masyarakat setempat sering kali melakukan tawuran antar-kelompok, akibat dari pengaruh minuman keras (miras),”Kata Kapolsek Pulau Bacan, Iptu Albertus Mabel ketika dihubungi di Labuha, Rabu (7/8).

Kebiasaan masyarakat saat merayakan hari besar keagamaan, seperti Hari Raya baik Idul Fitri maupun Idul Adha mereka jadikan sebagai momentum untuk merayakan dengan melakukan acara seperti ramah tamah (pesta Joged), sehingga ini menjadi potensi terjadinya tawuran antar-kelompok.

Menurut Albertus, wilayah kerja Polsek Pulau Bacan sangat luas, sementara untuk memaksimalkan pengawasan dilapangan maka pihaknya melibatkan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa untuk mengawasi dan menjamin kamtibmas di daerahnya masing-masing.

Wilayah yang meliputi lima kecamatan itu, terdiri dari Kecamatan Mandioli Selatan, Mandioli Utara,  Kepulauan Botang Lomang, Bacan Selatan dan termasuk Kecamatan Bacan yang berada di pusat ibu kota Labuha.

“Untuk mengantisipasi dan pencegahan produksi dan pengedarannya barang haram itu, pihaknya terus melakukan razia dan memberikan pembinaan kepada masyarakat secara intens, sehingga menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkam bersama,”Ujarnya.

Ia menambahkan,  pada  saat momentum Hari Raya Idul Adha tahun ini marilah kita saling bermaaf-maafan dan terus meningkatkan kerukunan kita antar beragama dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sehingga apa yang di rayakan ini dapat berjalan dengan baik.tuturnya.(Moko)

Leave a Reply

Top